Rukun Shalat Sebagai Sah Dan Sempurnanya Ibadah Shalat

Shalat adalah ibadah yang wajib dilaksanakan bagi semua umat muslim tanpa terkecuali setiap lima waktu yang sudah ditetapkan oleh Allah. Pentingnya shalat menjadikannya sebagai salah satu bagian dari rukun Islam yang wajib kita laksanakan. Dilansir dari IslamExplored.org, dalam menjalankan shalat ada syarat, rukun dan kewajiban shalat. Setelah memastikan bahwa semua syarat shalat sudah dipenuhi maka selanjutnya memastikan kita menjalankan semua rukun shalat.

Ada beberapa rukun shalat yang harus kita laksanakan sebagai kesempurnaan shalat seorang hamba. Pertama berdiri jika kita mampu dan jika duduk padahal dia mampu berdiri maka tidak sah shalatnya. Jika kita tidak mampu berdiri karena suatu halangan misal tidak kuat atau sakit maka bisa dengan duduk atau dengan berbaring.

Kemudian melakukan Takbiratul Ihram tanda sebagai diawalinya ibadah shalat. Jadi jika seseoang tidak melakukan takbiratul ihram saat ibadah shalat, maka shalatnya tersebut tidak sah. Saat sudah melakukan takbiratul ihram maka diwajibkan kita meninggalkan segala sesuatu yang membatalkan shalat. Lalu membaca surat al-fatihah karena membaca surat ini adalah sebuah kewajiban jika kita menjalankan shalat. Dalam sehari kita akan membaca surat al-fatihah sebanyak 17 kali. Al-fatihah menjadi surat yang sangat mulai karena berisi pengangungan kepada Allah dan berisi doa-doa.

Selanjutnya adalah rukuk dan tidak sah shalat seseorang tanpa adanya rukuk, begitu juga dengan i’tidal. Lalu rukun shalat selanjutnya sujud di atas 7 bagian badan yaitu dahi dan hidung, kedua tangan, kedua lutut dan kedua ujung dari kaki wajib menyentuh tanah. Rukun selanjutnya bangkit dari sujud dengan duduk diantara dua sujud, tuma’ninah atau gerakan yang benar-benar sempurna. Tuma’ninah menjadi sangat penting karena sekarang sering kali seseorang shalat sangat terburu-buru. Padahal tuma’ninah atau menyempurnakan setiap gerakan adalah bagian dari rukun shalat yang wajib dipenuhi. Lalu ada duduk tasyahud awal dan akhir diiringi dengan doa tasyahud yang berisi shalawat dan dua kali salam. Semua rukun shalat ini harus dipenuhi agar ibadah shalat seseorang sah dan diterima Allah. (sumber : IslamExplored.org)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *