Pengertian Hemangioma, Tanda, Dan Cara Pengobatannya

Tanda lahir pada manusia merupakan hal yang unik dan menjadi pembeda dengan manusia lainnya. Umumnya tanda lahir berwarna  hitam atau kecoklatan. Lalu bagaimana dengan tanda lahir yang berwarna merah? Beberapa bayi lahir dengan bagian tubuh yang berwarnan merah. Kondisi ini disebut dengan hemangimoa. Pengertian hemangioma sendiri menurut halodoc.com adalah tanda lahir yang muncul pada kulit akibat dari kondisi pembuluh darah yang tumbuh secara berlebihan atau tidak normal. 

Hemangioma digolongkan ke dalam jenis tumor pembuluh darah. Tubuh bayi yang bisa mengalami hemangimoa adalah tubuh yang terlahir prematur, bayi berjenis kelamin perempuan dan faktor keturunan dari kedua orang tua.

Bentukan hemangioma seperti bulatan lonjong berwarna merah, elastis dan bisa terdapat di tubuh bagian mana saja. Hemangioma dapat hilang dengan sendirinya saat anak memasuki usia 10 tahun. Namun apabila tanda tidak juga hilang diperlukan pengobatan.

Apa gejala yang bisa diarsakan oleh tubuh bayi? Tanda fisik yang dapat diamati adalah munculnya tanda berwarna kemerahan disertai benjolan di tubuh, tanda tersebut dapa berkembang dengan sangat cepat atau lambat. Setelah itu hemangioma akan memasuk tahap tidak aktif dan akan hilang secara perlahan-lahan.

Pengobatan yang  dapat dilakukan adalah dengan memberikan obat atau operasi laser untuk mengentikan pertumbuhan hemangioma dan mengurangi rasa sakit akibat penyakit tersebut. pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan konsulatsi ke dokter untuk mengetahui cara mengatasi timbulnya penyakit yang sama. 

Kondisi hemangioma pada bayi sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Namun pada beberapa kasus hemangioma menyebabkan penyakit lain seperti gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, dan gangguan pencernaan. Jika muncul penyakit tersebut dirahapkan orang tua segera membawa bayi mereka ke dokter untuk penanganan yang lebih serius. 

Ada beberapa jenis hemangioma menurut hellosehat.co, yaitu :

  • Hemangioma kavernosa. Pengertian Hemangioma jenis ini terbentuk akibat dari pembuluh darah yang lebih besar atau lebar. Hemongioma kavernosa berwarna briu lebam karena letaknya dibagian kulit yang cukup dalam. Hemangioma kavernosa dapat tumbuh dibagian tubuh mana saja.
  • Hemangioma kapiler. Hemangioma jenis ini yang telah dijelaskan sebelumnya. Tanda berwarna merah karena pembuluh darah yang terbentuk berasal dari tipe kapiler yang bersatu membetuk benjolan merah yang terlihat jelas pada kulit. Benjoaln juga dapat tumbuh dimana saja. 
  • Hemangioma campuran. Terkadang terdapat kasus dimana hemangioma kapiler dan kavernosa dapat tumbuh secara bersamaan di dalam satu tubuh. 
  • Hemangioma kapiler lobular. Jika sebelumnya benjolan berukuran lebar dan lumayan besar. Jenis hemangioma ini berbentuk bulat-bulat kecil berwarna merah yang biasanya muncul di tangan, lengan dan wajah. Hemangioma jenis ini lebih mudah berdarah daripada jenis lainnya. Tumor jenis ini dapat tumbuh saat masih dalam masa kehamilan. 
  • Hemangioma yang terjadi pada bayi muncul saat bayi telah berumur beberapa bulan. Pada tahun pertama benjolan akan terlihat membesar dan akhirnya akan mneyusut dengan sendirinya. 
  • Hemangioma intramuskular. Hemangioma ini berkembang pada jaringan-jaringan otot dan bisanya tumbuh di jaringan kapiler. Karena tumbuhnya di bagian otot terkadang tubuh akan merasakan sakit. 
  • Hemangioma tulang. Tidak hanya bayi hemangioma juga dapat menyerang lansia umur 50-70 tahun. Hemangioma ini tumbuh pada tulang belakang spesifiknya pada jaringan kapiler dan kavernosa. 
  • Hemangioma yang tumbuh dalam organ bagian dalam tubuh. Hemoangioma ini sangat jarang terjadi. Namun ada kasus dimana hemangioma tumbuh pada organ usus dan organ-organ dalam tubuh lainnya. 

Jadi pengertian hemangioma tidak hanya pada bayi, namun karena umumnya terjadi pada bayi tidak dipungkiri juga orang dewasa dapat mengalaminya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *