Mengatasi Gejala Alergi Debu

Kita ketahui bersama ketika seorang anak mengalami alergi maka hal ini membuat orang tua frustasi. Mengingat debu ini ada dimana-mana dan kita pastinya kesulitan untuk menghindar dari yang namanya debu. Sehingga kita sebagai orang tua untuk berusaha menghindarkan anak dari debu ini menjadi sesuatu hal yang tidak mungkin.

Sebenarnya debu ini terdapat beberapa komponen. Ketika anda nada sedang mengalami alergi debu maka dapat dipastikan kalau anak anda ini alergi pada salah satu komponen debu. Contohnya debu dari serpihan tubuh atau kotoran dari kecoak, jamur, rambut, dan seripihan kulit binatang.

Sebagai orang tua anda sebaiknya mencari tahu dulu mengenai berbagi komponen penyebab alergi debu yang terjadi pada anak anda. Hal ini pastinya akan membatu anda sebagai orang tua untuk menghindari berbagai hal yang dapat memicu terjadinya alergi. Salah satunya dengan mengkonsulasikan permasalahan ini kepada dokter spesialis. Dokter pastinya dapat mendiagnosa melalui tes kulit pada anak anda.

Mengatasi alergi yang disebabkan oleh debu dengan mengkonsumsi obat

Gejala alergi yang disebabkan oleh debu ini biasanya akan membuat mata anak akan merah, gatal dan berair. Hidungnya akan gatal-gatal, bersin dan meler. Kalau kulitnya akan gatal gatal dan merah-merah. Berikut ini ada beberapa jenis obat yang dapat anda gunakan untuk meredakan gejala alergi debu.

  1. Antihistamin

Jenis obat Antihistamin ini dapat bekerja menghilangkan zat histamin pada tubuh. Zat inilah yang dapat memicu munculnya alergi pada tubuh. Sebagai orang tua anda bisa memberikan obat antihistamin ini ketika anak mengalai gatal pada kulit, mata dan hidung karena alergi yang disebabkan oleh debu.

  1. Kortikosteroid

Obat jenis kortikosteroid ini dapat membantu anak anda untuk mengatasi reaksi alergi yang berlebihan dan mencegah munculnya radang. Untuk mengkonsumsi obat ini anda perlu rekomendasi dulu dari dokter agar anda tidak salah dalam penggunaannya.

  1. Dekongestan

Dekongestan merupakan salah satu obat yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan untuk merespon penumpukan cairan yang ada didalam organ tubuh manusia. Kalau ada gejala alergi karena debu maka biasanya organ yang terkena saluran pernapasan dan merah pada mata.

Selain menggunakan obat yang sudah disebutkan diatas untuk mengatasi alergi ini, maka anda dapat memanfaatkan larutan garam tetes yang dapat anda beli di toko obat terdekat.

Cara Mengurangi Reaksi yang Timbul Akibat Alergi Debu

Cara mengatasi alergi yang diakibatkan oleh debu yang paling efektif adalah menghindari pencetusnya. Mustahil sekali kalau kita mengharapkan kalau lingkungan kita bebas akan debu. Namun untuk mengatasi ini semua setidaknya ada hal yang dapat anda lakukan, yaitu :

  1. Mengganti karpet rumah dengan menggunakan permukaan yang rata. Anda dapat menggunakan kayu demi meminimalisir debu. Biasanya debu akan berdiam di permukaan karpet.
  2. Mencuci seprai dan sarung bantal dengan berkala. Selain itu silahkan mencucinya dengan air panas. Hal ini bertujuan untuk membunuh demu.
  3. Membersihkan rumah menggunakan alat debu secara berkala.
  4. Ketika membersihkan rumah silahkan jauhkan anak anda dari debu kotoran rumah anda
  5. Pastikan rumah anda bebas dari jamur. Bisanya jamur ini suka di tempat yang lembab.
  6. Anda dapat menggunakan seprai atau bantal anti debu
  7. Ketika anda memiliki hewan peliharaan maka pastikan hewan tersebut tidak masuk ke dalam kamar anak anda yang mengalami alergi yang diakibatkan oleh debu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *