Jenis dan Sifat yang Ada Pada Lensa Cembung

Pada kesempatan kali ini rumusrumus.com akan menjelaskan mengenai jenis-jenis lensa cembung dan sifat yang dimiliki oleh lensa cembung. Apabila anda belum begitu paham mengenai jenis-jenis lensa cembung, maka alangkah baiknya anda menyimak beberapa penjelasan ini. Agar anda bisa lebih paham mengenai lensa cembung. Tidak perlu menunggu lama, silahkan simak penjelasan ini sampai selesai.

Lensa cembung merupakan salah satu lensa yang sering digunakan oleh manusia dalam memudahkan pekerjaannya. Biasanya lensa ini digunakan manusia untuk memperbesar efek suatu benda. Lensa ini biasanya terdapat pada alat seperti proyektor, teropong, kacamata dan masih banyak lainnya.

Lensa cembung merupakan lensa yang yang memiliki sisi tebal pada bagian tengahnya dan tipis pada bagian tepinya. Lensa cembung ini terbuat dari plastic atau kaca yang memiliki bentuk lingkaran sehingga hal inilah yang membuat indeks biasnya lebih besar dari indeks bias udaranya. Lensa cembung ini memiliki sifat banyangan yang lebih besar, terbalik dan nyata.

Linsa cembung ini memiliki 3 jenis yaitu lensa cembung ganda (bikonveks), lensa cembung datar (plankonveks), dan lensa cembung cekung (konkaf-konveks). Selain itu akan dijelaskan mengenai beberapa sifat yang dimiliki oleh lensa cembung, berikut ulasannya :

  1. Pada lensa cembung ketika ada 3 sinar datang sejajar dan mengarah pada lensa cembung maka hasilnya sinar tersebut terbiaskan oleh lensa cembung dan menuju pada satu titik. Titik yang ada dibagian depan lensa cembung disebut titik fokus pasif, sedangkan titik fokus yang ada dibelakang lensa cembung merupakan titik fokus aktif.
  2. Pada lensa cembung ini sinar dapat muncul dari dua arah yang berbeda sehingga membuat lensa cembung ini memiliki 2 titik fokus. Sehingga pada titik bagian depan ini merupakan lokasi datangnya sinar dan pada bagian belakang ini merupakan lokasi sinar yang dibiaskan.
  3. Mengingat letak sinar bias lensa cembung selalu dibelakang maka membuat jarak fokusnya selalu positif sehingga titik fokus lensa cembung ini fokus sejati

Demikianlah penjelasan dari rumusrumus.com tentang jenis-jenis lensa cembung dan sifatnya. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan lebih luas tentang lensa cembung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *