Di Masa Depan, Cara Deteksi Kanker Bisa Dilakukan Lewat Tes Urin!

Zaman sekarang, makin banyak saja orang yang didiagnosis terserang penyakit kanker. Menjaga kesehatan memang perlu dilakukan setiap orang, apalagi mencegah penyakit kanker yang menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia.

Sayangnya, kanker seringkali justru lebih sering diketahui penderitanya ketika sudah masuk stadium akhir atau sudah dalam keadaan parah. Pada akhirnya kanker menjadi penyakit yang mengancam nyawa penderitanya.

Salah satu cara mencegah penyakit kanker adalah melakukan deteksi dini penyakit ini sehingga bisa lebih berhati-hati. Dan semakin berkembangnya teknologi, sepertinya para ilmuwan mengembangkan banyak cara untuk mendeteksi kanker.

Seperti yang dilakukan perusahaan multinasional asal Jepang, Hitachi. Dilansir dari Tech Times, Senin (25/6/2018), mereka mengembangkan deteksi dini kanker melalui tes urin. Hitachi adalah perusahaan pertama di dunia yang menyediakan sarana pendeteksi kanker payudara dan usus besar.

Juru bicara Hitachi, Chiharu Odaira, mengungkapkan bahwa mereka sedang mengembangkan uji coba deteksi kanker menggunakan 250 sampel urin. Deteksi kanker ini juga akan menguntungkan bagi anak-anak karena tidak perlu melalui proses yang rumit dan menyakitkan.

Hitachi menyadari perlu adanya teknologi yang dapat membuat mereka dapat melakukan deteksi kanker tanpa perlu mengunjungi fasilitas medis, apalagi kebanyakan orang tidak punya banyak waktu untuk mengunjungi fasilitas medis karena bekerja dan lain sebagainya.

Setelah dilakukan analisis, peneliti menemukan bahwa dengan tes urin bisa menunjukkan kandungan 1.300 metabolit, dan 30 di antaranya dianggap sebagai biomarker yang menjadi tanda adanya suatu penyakit.

Kepala ilmuwan Hitachi, Minoru Sakairi, mengungkapkan bahwa biomarker tersebut digunakan untuk mengukur 15 kasus pasien dengan penyakit kanker payudara, kolorektal, dan orang yang sehat. Tentu deteksi dini kanker ini masih butuh pengembangan sehingga bisa diaplikasikan di masa depan.

Wah, kita doakan saja deteksi dini penyakit kanker memang akan bisa lebih mudah seperti ini ya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *